Selasa, 25 Oktober 2011

Drama Bertemakan "Sahabat Dalam Suka Dan Duka"

Teras rumah Hafizh di daerah Sedati, sebuah sepeda tua menghadap rumah. Di sebelah kanan terdapat pintu. Ibu mondar-mandir membawa minuman. Gadis kecil datang ke teras dari arah utara dengan menaiki sepeda. Sebuah lampu berada di atap teras. Galih menaiki sepeda ke arah rumah.
Pelaku           :
1.      Hafizh , berumur 13 tahun, berpakaian compang-camping. Berwatak sabar, baik hati, rajin.
2.     Galih, berumur 13 tahun, kaya, berpakaian bersih dan rapi. Berwatak suka menolong orang.
3.     Gadis kecil, berumur 09 tahun, suka bersepeda. Berwatak sombong, keras kepala.
4.     Ibu, berumur 31 tahun, tinggi sekitar 170 cm, berambut lurus. Berwatak sopan, ramah.

Sinopsis
Pagi itu di akhir pekan, Hafizh dan ibunya berada di ruang tamu di rumah sederhananya. Datang seorang gadis kecil dari arah utara menuju ke rumah, yang merupakan saudara perempuan Hafizh. Tak lama kemudian datang Galih menuju rumah Hafizh menaiki sepeda. Hafizh bercerita kepada Galih tentang kesulitannya dengan pembayaran sekolah. Galih tidak tega dengan keadaan Hafizh, akhirnya Galih membantu Hafizh.

Hafizh           :           (Menghampiri ibunya dan duduk disampingnya) “Bu,
                                     sudah tiga bulan saya menunggak pembayaran uang
                                     sekolah,  kemarin saya ditegur oleh bagian
                                     administrasi untuk segera melunasi pembayaran uang
                                     sekolah.”
Ibu                :           “Sabarlah nak, Ibu belum ada uang.”
Hafizh           :           “Tapi bagaimana jika saya tidak dibolehkan  mengikuti
                                     ulangan, Bu?”
Ibu                  :           “Baiklah nak, ibu akan berusaha mencari uang
                                     pinjaman untuk melunasi biaya sekolahmu.”
                                     (Mengelus-elus kepala Hafizh)
Gadis Kecil   :           (Memakirkan sepeda kemudian mengetuk
                                     pintu)Assalamualaikum!”
Ibu                  :           (Menghampiri pintu) “Wa’alaikumsallam, dari mana
                                    kamu?”
Gadis Kecil   :           “Saya baru saja  bersepeda dengan teman-teman,
                                     bu.”
Galih              :           (Datang bermaksud untuk bertemu dengan Hafizh)
                                    “Assalamualaikum.”
Ibu                  :           (Melihat ke arah luar) ”Wa’alaikumsallam.”
Galih              :           “Permisi bu, benarkah ini rumah Hafizh?”
Ibu                  :           (Heran) ”Iya benar, saya ibunya. Adik ini siapa ya?”
Galih              :           “Saya teman Hafizh, bu.”
Ibu                  :           “Oh, iya silahkan masuk. Akan ibu panggilkan Hafizh.
Galih              :           “Iya bu, terima kasih.” (Masuk ke dalam rumah)
Gadis kecil   :           (Berbisik-bisik kepada Ibu dengan rasa curiga) “Bu,
                                     mungkin dia datang kemari bermaksud untuk
                                     menghina kita.”
Ibu                  :           (Menegur dengan suara pelan) “Huuss.. jangan
  berburuk sangka dengan orang lain.”
Hafizh            :           (Kaget dan heran) “Galih, kenapa kamu berada
 disini?”

Galih              :           “Aku kemari ingin menanyakan tugas biologi dan
                                     ingin mengerjakannya bersamamu.”
Hafizh            :           “Baiklah, aku akan membantumu.”
Galih              :           Ayo kita mulai sekarang.”
Gadis kecil   :           (Memanggil Galih dengan kata-kata yang kasar) “Heh
                                     kamu, mau apa datang kemari? Mau menghina kami?”
Hafizh            :           “Mitha! Sopanlah kepada tamu kita ini.”
Gadis kecil   :           “Untuk apa aku sopan dengan orang sepeti ini, dia
                                     kemari hanya ingin menghina kita kak.”
Galih              :           “Tenang, aku kesini hanya ingin bertemu dengan
                                     kakakmu”
Hafizh            :           “Iya dik, mas galih hanya ingin minta bantuan kakak,
                                     kok”
Gadis Kecil :             “Oh, apa kakak yakin? Tampangnya tidak meyakinkan
                                     kak,”
Hafizh            :           “Kamu selalu melihat orang dari luarnya ! Sudah sana
                                     ke dapur bantu ibu,”
Gadis Kecil   :           “Baiklah, kak”
Galih              :           “Hafizh, aku sedikit bingung dengan soal yang ini.
                                     Bisakah kamu menjawabnya?”
Hafizh            :           (Melamun, murung dan menghiraukan pertanyaan
                                     galih)
Galih              :           “Hafizh, apakah kamu baik-baik saja? Hafizh?”
Hafizh            :           (Kaget dan sadar) “Oh, iya maaf maaf ya”
Galih              :           “Sepertinya, ada yang salah denganmu. Ceritakanlah
                                     padaku, Sahabatku. Aku mungkin bisa
                                     membantumu.”
Hafizh            :           “Aku..”
Galih              :           “Ayolah, aku bisa menjaga rahasia kok,”
Hafizh            :           “Aku.. belum membayar uang sekolah selama tiga
                                     bulan, dan jika tidak dibayar besok juga, aku tidak
                                     boleh mengikuti ulangan.”
Galih              :           “Aku akan membantumu,”
Hafizh            :           “Apa orang tua mu tidak keberatan?”
Galih              :           “Aku membayarnya tidak dengan uang orangtuaku,
                                     melainkan dari rekening bank yang aku punya”
Hafizh            :           “Apa kamu yakin?”
Galih              :           “Tapi, ada satu syarat.” (Tersenyum kecil)
Hafizh            :           “Apapun syaratnya, akan kupenuhi. Pasti.”
Galih              :           “Kerjakan tugas biologiku ini ya?”
Hafizh            :           “Gampang itu..”
Galih              :           “Kamu adalah sahabat terbaikku, Fizh. Jadi aku akan
                                      selalu bersamamu dalam suka maupun duka.”
Hafizh            :           “Terimakasih, Lih. Kita akan menjadi sahabat selamanya.”
                                     (Galih dan Hafizh berpelukan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar