Sabtu, 18 Februari 2012

Teman-Teman Yang Bercahaya !

Wuih, lama nggak posting nih ya ..
Okey langsung cekidot ajah ya, teman-teman kita yang satu ini bukan teman manusia loh ya, tapi teman binatang.. Binatang juga teman kita kan ?

<< Binatang Yang Pertama >>
Kunang-Kunang, Kumbang ber"lampu"

Kamu-kamu semua pasti udah kenal banget yang namanya kunang-kunang, biasanya muncul di film-film romantis kaan ? Back To Kunang-Kunang !

Fact Kunang-Kunang :
1. Cahaya kunang-kunang disebut luminescence. Luminescence dihasilkan oleh zat luciferin yang bereaksi dengan oksigen dengan bantuan enzim luciferase.
2. Dengan cahaya, kunang-kunang menarik perhatian lawan jenisnya. Dengan cahaya, kunang-kunang memperingatkan binatang pemangsanya bahwa mereka bukanlah makanan yang lezat. Sebab, luciferin itu rasanya pahit, (uh, so sweet. baik banget yah ni kunang-kunang). Dengan cahaya pula, kunang-kunang jenis tertentu, memanggil kunang-kunang lain untuk dimangsanya.
3. Warna cahaya kunang-kunang bermacam-macam. Kekuatan kedipnya juga bervariasi. Dari jenis cahaya itu, kunang-kunang dapat membedakan jenisnya, juga jenis kelaminnya.
4. Ada lebih dari 2.000 jenis kunang-kunang. Kebanyakan ditemukan di sekitar rawa, hutan, dan kebun.


<< Binatang Yang Kedua >>
Umpan Maut si Anglerfish !

Di laut dalam yang gelap gulita, tampak cahaya yang bergoyang-goyang dengan indahnya. Padahal, tak jauh dari situ, mulut anglerfish telah siaga melahap mangsa.
Fact Anglerfish :
1) Anglerfih punya antena yang bisa diayun-ayunkan ke segala arah. Ada bandul di ujung antenanya. Bandul itu bercahaya. Meski bercahaya, tubuh anglerfish tetap tak terlihat. Hebat, kan !

2) Tau nggak ? Yang membuat bandul ini bercahaya ? Bukan karena anglerfish sendiri, lhoo. Tapi, yang menghasilkan cahaya ini adalah BAKTERI !

3) Anglerfish juga bisa disebut ikan pemalas. Jarang banget bergerak. Karena ia tidak perlu berenang kesana kemari, mangsa akan datang sendirinya !




<< Binatang Yang Ketiga >>
Siput Cahaya Di Dasar Laut
Siput-siput kecil bercahaya di dasar lautan. Slap ! Cahaya hijau yang dipancarkannya akan membuat pemangsanya kabur ketakutan.
Fact :
1) Cahaya yang memancara bisa bertahan hinggan 30 menit lo !
2) Dimitri Deyhen membuat penelitian, cahaya siput ini dihasilkan dari satu titik di dalam cangkang, kemudian ditebarkan keluar. Aih, bingung sendiri jadinya !



Udah, segini dulu ya ! Semoga Bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar